Senin, 23 April 2012

Pentingnya Kebebasan Berekspresi untuk mewujudkan Pemerintahan Negara Yang Demokratis


Artikel Pendidikan Kewarganegaraan
Pentingnya Kebebasan Berekspresi untuk mewujudkan Pemerintahan Negara Yang Demokratis


Pelajar, adalah salah satu generasi muda masayarakat suatu negara, yang dituntut untuk dapat menuntut ilmu, mempelajari nya dan membuat suatu perubahan serta menciptakan suatu hal baru dengan kreatif tas, bakat serta ekspresi mereka dengan berani berekspresi. Peran pelajar bagi pembangunan suatu negara sangatlah penting, karena para pelajarlah yang nantinya akan memimpin negeri ini ini dan membawanya menjadi lebih baik dari sekarang. Diciptakannya sistem pendidikan untuk pelajar tidak lain dan tidak bukan tujuannya adalah agar mereka dapat membawa negara ini menjadi lebih baik nantinya jika mereka dewasa nanti. Namun, selain dituntut untuk menuntut ilmu, pelajar juga dituntut untuk dapat mengendalikan dirinya sen iri, karena tidak dapat kita pungkiri bahwa pelajarpun termasuk remaja yang masih berpikir labil dan terkadang belum mampu mengendalikan emosi serta dorongan dan hasrat yang timbul dari keinginannya.



Tapi, justru emosi yang tinggi dan dorongan yang kuat itulah yang membuat para pelajar memiliki kreatifitas yang tinggi, namun, para pelajar harus berani berekspresi dan mengeluarkan serta mengasah bakatnya dalam hal yang positif. Karena tidak jarang para remaja justru berekspresi dalam hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sekarang membutuh kan para remaja / pelajar yang dapat mem berikan kontribusinya bagi pembangunan negara, entah itu lewat bakatnya, kemam puan, aspirasinya dan lain lain, bukan pelajar yang melakukan hal merugikan dirinya sendiri. Jadi, pelajar dituntut untuk berani berekspresi, karena di Indonesia pun sudah ada kebebasan untuk berekspresi.

Sebagai Generasi muda Indonesia, para pelajar harus berani berekspresi dalam segala bidang yang ia kuasai, serta di semua lingkungan tempat tinggalnya, yaitu lingkungan sekolah, keluarga, Internet dan masyarakat.

1. Berani berekspresi dilingkungan sekolah


Tidak dapat dipungkiri bahwa sekolah sudah seperti rumah kedua para pelajar, karen sebagian besar waktu mereka dihabiskan disekolah setiap harinya, oleh karena itu, pelajar harus berani bereskpresi disekolah dalam beberapa aspek dan hal berikut.
  • Berprestasi dibidang akademik
Jika siswa berani berekspresi dalam bidang akademik saat belajar disekolah dalam setiap mata pelajaran yang ada, tentunya akan berpengaruh positif pada cara belajar siswa dan hasil belajarnya, sehingga pelajar dapat lebih berprestasi di sekolah.
  • Berprestasi dibidang non akademik

Jika para pelajar berani berekspresi dibidang nonakademik seperti ekstrauliku ler, mereka dapat mengasah kemampuannya dan bakatnya di sekolah, sehingg a mereka bisa berprestasi dibidang non akademik, bahkan bisa membawa nam a sekolah, bahkan negara.
  • Berprestasi di kompetisi/perlombaan
Jika para pelajar berani bereskpresi dibidang akademik maupun non akademiknya disekolah, mereka dapat berprestasi dengan mengikuti berbagai perlombaan serta kompetisi yang ada, sehingga dapat membawa namanya, dan nama sekolah menjadi lebih baik.
  • Berprestasi dibidang kepemimpinan
Para pelajar dapat menjadi seorang pemimpin yang bijak dan dipandang seb agai seorang pemimpin disekolah/organisasi disekolahnya, jika mereka berani berekspresi dan berani membuat suatu perubahan dengan kreatifitas mereka.

2. Berani berekspresi dilingkungan keluarga


Selain dituntut untuk berani dilingkungan sekolah, pelajarpun harus berani berekspresi dalam lingkungan keluarganya sendiri. Karena kita sebagai remaja harus bisa menjadi pemimpin dalam keluarga kita dan menjadi tulang punggung keluarga.

3. Berani berekspresi di dunia maya (Internet)



Internet, seperti kita ketahui merupakan sebuah media komunikasi dan informasi yang sangat menjadi tren masa kini. Pelajar dapat memanfaatkan internet dengan berani berekspresi dengn cara memanfaatkan berbagai layanan berikut.
Pelajar dapat dengan bebas berekspresi di media blog dengan menuangkan seluruh aspirasi dan pendapatnya dalam sebuah tulisan yang nantinya akan dibaca oleh jutaan pengguna internet lainnya (menjadi seorang blogger).
  • Jejaring sosial/komunitas online

Pelajar dapat dengan bebas dan berani berekspresi di jejaring sosial atau komun itas online dapat dilakukan dengan cara mengupload foto/video/media lainnya, membuat artikel/tulisan/karya tulis, mengikuti lomba online, dan menarik perhatian massa dengan memperlihatkan kemampuan serta bakatnya yang akan membuat mereka semakin luas pengalamannya, wawasannya serta pergaulannya. Namun dengan memperhatikan batasan-batasan agar terkon trol dan tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

4. Berani berekspresi dilingkungan masyarakat

Pelajar juga harus berani berekspresi dalam lingkungan masyarakat. Peran pelajar dalam masyarakat dpat dibagi menjadi dua yaitu:
  • Pergaulan dengan sesama remaja
Dalam bergaul dengan remaja seusianya, pelajar harus berani berekspresi gar pergaulannya pun semakin luas, namun tetap harus dalam hal yang positif, bukan hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Hubungan dengan masyarakat sekitar
Pelajar juga harus berani berekspresi di lingkungan masyarakat sekitarnya, agar mereka dipandang oleh masyarakat sebagai remaja yang berbudi baik, rajin dan berani. Mereka dapat berekspresi dengan berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat, dan kelompok-kelompok sosial yang ada di masyarakat.

jadi, Jika para pelajar berani berekspresi dalam segala hal dan lingkungannya, berarti mereka telah berkontribusi besar bagi negaranya, bahkan bukan tidak mungkin merekalah yang nanti akan memimpin Indonesia dan membaw negara ini kearah yang lebih baik dari sekarang.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar