Jumat, 08 November 2013

SISTEM INFORMASI PERSONALIA ( Humam Resource Information System )


  • Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Pada dasarnya sim berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen,teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengansistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Dalam Bidang personalia mempunyai dua fungsi pokok sebagai berikut:
a). untuk menjamin kerjasama dalam pengembangan dan administrasi berbagai kebijaksanaan yang mempengaruhi orang-orang yang membentuk organisasi.
b). untuk membantu para manejer mengelola sumber daya manusia
  • Berbagai Pendekatan Dalam Manajemen Personalia
Kosep-dasar dasar manejemen personalia telah dikemukakan, Berbagai pandangan tersebut penting agar manejemen personalia dan sumberdaya manusia dilakukan dalam perspektif yang benar.
 Pandangan-pandangan itu mencakup :
1. Pendekatan Sumber daya Manusia
2. Pendekatan Manajerial
3. Pendekatan System
4. Pendekatan Proaktif
Jadi Fungsi Yang Diterapkan Oleh SIM Pada Bagian Personalia Untuk :
Ø  Sim tersebut bisa berfungsi sebagai absensi karyawan
Ø Untuk melihat prestasi karyawan
Ø Untuk melihat golongan karyawan
Ø Untuk melihat peningkatan aktivitas karyawan ataupun penurunannya.
Sistem ini berfungsi untuk :
Ø  Mengetahui pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, meliputi ekspedisi yang digunakan dalam pengiriman, barang-barang apa saja yang dikirim dan kapan waktu keberangkatan dan kedatangan barang setelah sampai di tujuan.
Ø  Membuat jadwal-jadwal pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, meliputi zona tujuan, rute perjalanan dan no truk yang digunakan untuk melakukan pengiriman.
Ø  Mendapatkan informasi mengenai jumlah persediaan barang yang tersedia di gudang perusahaan baik gudang pusat maupun cabang.
Ø  Mengetahui apakah adanya pengembalian barang yang telah dikirim dikarenakan adanya barang yang tidak laku terjual ataupun barang yang telah rusak/cacat.
Ø  Mengetahui berapa nilai barang yang telah dikirim atau diterima termasuk biaya loading barang ke gudang dan biaya tambahan lainnya.

Sistem ini terdiri dari beberapa subsitem yang memiliki fungsi berbeda berdasarkan tujuan penggunaan data, antara lain :
·         Delivery
Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk membuat jadwal pengiriman barang, untuk mengkonfirmasi pengiriman barang, untuk mengalokasikan truk yang digunakan untuk pengiriman barang, untuk mengetahui status pengiriman barang dan untuk mengetahui apakah ada pengiriman yang tertunda atau keterlambatan atas pengiriman barang.
·           Cost

Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk me-manage berbagai faktor-faktor pengiriman (biaya-biaya lain, kondisi barang, wilayah tujuan, tarif yang digunakan), untuk mengetahui apabila terjadi kesalahan selama pengiriman, untuk me-manage pengiriman barang termasuk biaya-biaya atas pengiriman tersebut.
·           Stock

Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk mengetahui status penerimaan barang, perhitungan fisik persediaan barang di gudang dan status persediaan barang.
·           Return

Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengembalian barang yang tidak laku terjual dan rusak/cacat.
 Dampak dari Penerapan Sistem Informasi Manajemen
Dengan adanya sistem GLDS ini, seluruh pegawai indonesia dapat mengetahui bagaimana kondisi inventory perusahaan yang ada di gudang pusat maupun cabang. Begitu pula, apabila terjadi masalah atau masalah yang berhubungan dengan inventory sehingga dapat segera diatasi langsung oleh pegawai yang berwenang . Hali ini akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas biaya dan kinerja perusahaan.
Sumber:
Ø Wikipedia.org
Ø Peutah.com
Ø Http : //acakacik.blogspot.com/2013/11/penerapan-sistem-informasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar